Selasa, 30 Juli 2013

Petani-Petani Tulungagung mengharap bantuan Kementan untuk mengatasi wereng

Dalam kunjungan ke beberapa kelompok kepentingan di Tulungagung dlm rangka reses, para petani mengeluhkan hal yang sama yaitu penghasilan mereka yang dipastikan turun pada tahun ini. Cuaca yang kacau, menyebabkan produksi sawah turun tetapi dalam situasi demikian, serangan wereng memperburuk situasi dan menimbulkan frustasi. Dari diskusi dengan staf ahli bupati Tulungagung urusan pertanian (22/7/13), Pak Tatang Suhartono, diperoleh informasi bahwa hama yang sedang menyerang disebut WBC - wereng batang coklat. Luas lahan yg harus segera ditolong seluas 14 ribuan hektar. Dinas pertanian saat ini masih memiliki pestisida tetapi masih kekurangan sekitar 9 ton. bisa Aploud atau Osin.
Menanggapi hal tersebut, Pak Tatang meminta supaya saya melapor ke Dirjen Sarana dan Prasarana Mentan, Dr Ir Sumarjo Gatot Irianto, MS, DAA agar segera merespon situasi di Tulungagung. Alhamdulillah, meski hari Sabtu (27/7/13) tapi beliau merespon keluhan petani Tulungagung tersebut. Hari Senin (29/7/13) proposal permintaan bantuan obat-obatan sudah masuk di kantor beliau. Para petani berharap dalam minggu ini sudah ada eksekusi atas proposal tersebut.
Kabar terakhir, pihak Kementan mengontak Pak Tatang untuk memperbaiki proposal dan memasukkannya ke Dirjen Tanaman Pangan. Pak Tatang menjanjikan proposal revisi sudah akan terkirim pd hari Rabu (31/7/13) untuk langsung diantar ke Kementan pada hari yang sama.
Meski demikian, secara umum petani Tulungagung sangat mengharap situasi yang membaik dari bisnis pertanian yang makin lama tidak 'sumbut'/mencukupi. Petani membutuhkan proteksi langsung sehingga, spt bisnis di sektor lain, bisnis pertanian mendatangkan keuntungan. Input dan output yang tidak sebanding ini perlu disikapi serius dan tentu bukan saja oleh Kementan karena ini terkait politik pembangunan nasional yg belum serius pro kedaulatan pangan sehingga pertanian dan petani kita blm diberdayakan secara maksimal 
(30/7/13, anggt Kom 3 FPDIP Dapil Jatim 6)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar